Senin, 12 Desember 2016

Shoffiyyah's Weekly Journal

Assalamualaikum Bloggers!

Masih dalam rangka mengembangkan sayap dan mencari peruntungan di dunia video blogging, ha!. Maka mulai hari ini Shoffiyyah's Weekly Journal resmi diluncurkan! Saya resmi berkomitmen untuk membuat video journal setiap minggunya. muahhaha. Yes, ini komitmen yang cukup beresiko karena saya masih tidak yakin mempunyai waktu ditengah jeritan badai disertasi dan tumpukan esai untuk membuat script video blogging yang "proper". Ah, sudahlah... target saya hanya latihan bikin video, jadi saya hanya akan mengedit video-video yang berhasil saya rekam selama seminggu, jadi tidak ada script, tidak ada konsep! :P

Minggu kemarin saya menghadiri Class size and Effective Teaching Workshop yang ternyata adalah pertemuan penerima grant dari Luverhulme Trust, jadi isinya adalah para profesor, praktisi, dan perwakilan pemerintah yang penelitiannya sudah diterapkan dalam bentuk kebijakan pemerintah dan akan menjadi rekomendasi dalam pembuatan kebijakan pendidikan nasional selanjutnya di negara masing-masing. Peserta workshop berasal dari USA, Prancis, Norway, Hongkong, dan UK dan hanya ada dua mahasiswa; saya dan teman sekelas saya, Liu. Itupun karena ditawari oleh Prof. Peter yang juga adalah supervisor disertasi kita berdua. Saya benar-benar merasa kecil sekali, mirip seperti debu dan remah-remah roti.

Teman saya, Liu, sampai bilang begini "how come we're this lucky?! perhaps because we have beautiful names? that's how Prof. Peter chose us?" muahaha. Saya juga masih terheran-heran mengapa dari 8 mahasiswa bimbingannya tahun ini Prof. Peter memilih saya dan Liu. Liu mungkin masih masuk akal karena teman saya ini berasal dari Hongkong sehingga workshop ini akan sangat bermanfaat untuk menentukan arah disertasinya dan membuat networking. Tapi saya? Bahkan tidak ada yang tahu Indonesia itu dimana sampai saya menyebut BALI. Selama dua hari workshop kemarin saya tidak bisa berhenti mengucap syukur, meskipun setelahnya saya merasa pendidikan di Indonesia benar-benar masih punya banyak PR.

Oh dan kemarin saya juga "cheating day" buka facebook (:P). Membaca komentar-komentar di facebook membuat saya merasa menghapus aplikasi facebook dari handphone saya adalah keputusan yang tepat meskipun saya masih belum bisa menghapus akun sepenuhnya karena keluarga dan teman-teman saya di sana semua. muahahha. Tapi saya jadi teringat dengan sebuah hadis yang dibahas di kajian minggu ini tentang berkata baik atau diam, "Barang siapa yang beriman kepada Allah hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam (HR. Bukhari dan Muslim)".

Saya sedih sekali melihat bagaimana mudahnya kita sekarang ini terpancing untuk menyebarkan kebencian, tanpa sadar mungkin saja apa yang kita sebarkan ternyata adalah kepentingan politis semata. Karena jika yang kita bela adalah agama ataupun hal lainnya yang kita percayai sebagai sebuah kebenaran, tentulah yang kita pilih adalah cara-cara yang baik, perkataan-perkataan yang baik. Ah.. selain banyak PR, ternyata kita juga harus banyak-banyak berdoa semoga Allah melindungi dan melembutkan hati-hati kita. La taghdob walakal jannah... La taghdob walakal jannah.. jangan marah, maka bagimu syurga! :)

Last but not least, here you go... my very first weekly video journal!



Semoga Bermanfaat,
Penggenggam Hujan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan jejak yang menghujani perjalanan ini dengan kearifan kata dan ketulusan hatimu kawan. Salam Persohiblogan. Penggenggam Hujan...=))